Selasa, 07 Januari 2014

FORTRAN

mohon maaf website ini sementara dinonaktifkan karena beralih ke website simdupen


FORTRAN singkatan dari FORmula TRANslator. FORTARAN merupakan suatu bahasa tingkat tinggi(high level language) atau bahasa yang berorientasi ke suatu masalah tertentu (problem riented language). Dari singkatan dapat langsung diketahui bahwa FORTRAN berorientasi ke permasalahan rumus-rumus(formulas) atau berorientasi ke permasalahan teknik.

 Dan juga FORTRAN dapat dikatakan bahasa tingkat tinggi tertua dan yanf pertama. Sebelum ada FORTRAN, bila seseorang akan memprogram komputer, maka harus dipergunakan bahasa mesin(machine language) yang merupakan bahasa tingkat rendah(low level language) atau menggunakan bahasa perakit(assembly language). Karena bahasa mesin lebih dekat dengan operasi operasi mesin, maka bahasa mesin relatif lebih sulit dibandingkan dengan bahasa tingkat tinggi yang lebih dekat dengan bahasa manusia sehari-hari. Oleh karena itu pada sekitar tahun 1950, John Backus, ahli di IBM mulai mengembangkan suatu bahasa tingkat tinggi, yang kemudian disebut dengan FORTRAN.

Referensi pertama mengenai FORTRAN baru dikeluarkan dalam bentuk laporan pada tahun 1954 oleh Programing Research Group, suatu divisi teknik terapan (Applied Science Division) dari IBM. Dan baru tahun 1957 FORTRAN diterapkan pada mulanya sulit bagi pihak IBM untuk memasarkan FORTRAN, karena suatu bahasa tingkat tinggi lebih lambat prosesnya dibandingkan dengan program yang ditulis dengan bahasa mesin. Promosi dari pihak IBM akhirnya dapat meyakinkan para pemakai komputer tentang keuntungan penggunaan bahasa tingkat tinggi yang merupakan bahasa komputer mirip dengan bahasa FORTRAN akan lebih mudah, sehingga waktu pengembangan suatu program akan lebih cepat. Perlu dicatat bahwa keberhasilan promosi IBM terhadap FORTRAN merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan bahasa tingkat tinggi selanjutnya.

Pertama kali FORTRAN banyak digunakan dimaiframe computer. Sekarang dengan banyaknya beredar komputer mikro, FORTRAN juga dapat dan banyak dipergunakan.salah satu versi FORTRAN yang banyak digunakan pada komputer mikro adalah MS-FORTRAN(Microsoft FORTRAN) yang dikembangkan oleh pabrik lunak Microsoft Inc. Microsoft ini merupakan pabrik perangkat lunak pertama untuk komputer mikro yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen. Microsoft terkenal dengan perangkat-perangkat lunaknya untuk komputer mikro, diantaranya adalah MBASIC(Microsoft BASIC), BASICA, MS-Pascal, MS-C, MS-FORTRAN,MS-COBOL dan sistem operasi cakram MS-DOS(Microsoft Disk Operating System). Jadi tak heranlah kalau MS-FORTRAN banyak dipergunakan pada komputer mikro, apalagi MS-FORTRAN juga merupakan bahasa FORTRAN yang mengikuti standar dari ANSI, yaitu FORTRAN 77.

Sebelum anda mencoba membuat program sebaiknya anda terlebih dahulu memahami struktur program fortran. Dengan memahami strukturnya anda akan lebih muda mengoperasi FORTRAN. Struktur dari program FORTRAN dibagi menjadi 5 bagian kolom dan tiap-tiap baris di dalam program dapat berisi:

  • Metacommand
  • Komentar
  • Statement
  • Sambungan dari statement baris sebelumnya
Langsung saja saya berikan contohnya dengan contoh ini pembaca bisa menggunakan FORTRAN

Contohnya sebagai berikut:

CHARACTER NOMHS*7,NAMA*25

REAL*4 NILAI

OPEN(1,FILE='DATA MAHASISWA TEKNIK.TXT',STATUS='NEW')

5 WRITE(*,'(24(/))')

WRITE(*,'(1X,A,\)')'NOMER MAHASISWA ?'

READ(*,'(A7)') NOMHS

WRITE(*,'(1X,A,\)')'NAMA MAHASISWA ?'

READ(*,'(A25)')NAMA

WRITE(*,'(1X,A,\)')'NILAI ?'

READ(*,'(F6.2)')NILAI

WRITE(1,'(A7,A25,F6.2)') NOMHS,NAMA,NILAI

WRITE(*,*)

WRITE(*,*)

WRITE(*,'(1X,A,\)')'ADA DATA YANG LAIN LAGI(Y/T) ?'

READ(*,'(A)') LAGI

IF(LAGI.EQ.'Y'.OR.LAGI.EQ.'Y')GOTO 5

CLOSE(1)

END

Setelah anda mengisi code di atas langkah selanjutnya compile program anda kalau tidak ada kesalahan sintak atau aturan penulisan maka langkah selanjutnya di BUILD kemudian klik execute (Ctrl+F5).



Gambar Microsoft Developer Studio(FORTRAN 4.0)


mohon maaf website ini sementara dinonaktifkan karena beralih ke website simdupen


Bagikan

Jangan lewatkan

FORTRAN
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.